CARA MEMBINA HUBUNGAN RUMAH TANGGA YANG BAIK

Posted by Priya Maryatun 0 comments

9 CARA MEMBINA HUBUNGAN RUMAH TANGGA


Menjaga keharmonisan rumah tangga sebetulnya tak sulit dilakukan, kok. Yang penting, Anda dan pasangan tahu caranya. Simak kiat berikut.
Keharmonisan adalah suasana yang selalu didambakan setiap pasangan suami-istri. Hubungan yang harmonis akan membuat pasangan mampu menghadapi apapun situasi yang terjadi. Kemesraan yang sudah terjalin pun akan selalu terjaga dan tetap hangat. Rumah tangga juga akan terhindar dari cekcok dan konflik. Lalu, bagaimanakah cara menciptakan keharmonisan bersama suami? Simak beberapa langkah berikut:
1. Selipkan joke-joke segar
Menciptakan hubungan yang harmonis sebetulnya tak susah-susah amat, kok. Tak perlu jauh-jauh mencari psikolog atau mencari bacaan yang bikin pusing kepala. Cukup selipkan joke-joke segar di sela-sela obrolan Anda dengan suami. Kelihaian menarik hati pasangan dengan suasana yang lepas seperti ini akan membuat Anda berdua tetap mesra dan harmonis. Pasangan pun akan selalu antusias mendengarkan tutur kata Anda yang penuh variasi. Dengan begitu, suasana monoton pun akan terhindarkan. Namun, tentu Anda tak bisa terus-terusan "melucu". Kuncinya adalah Anda berdua tahu kapan saat yang tepat untuk melemparkan joke-joke segar.
2. Jangan menguasai obrolan
Tidak diragukan lagi, Anda pandai dalam berkomunikasi. Namun, ini bukan berarti Anda seenaknya menguasai obrolan dengan pasangan. Seperti yang sering dinasihatkan oleh kata-kata bijak: dengarkan dan hargai pembicaraan orang lain! Anda hanya dituntut untuk lebih bisa mendengarkan pendapat pasangan saat ia berbicara. Jangan memotong pembicaraan sesuka hati. Dengan kemampuan mendengarkan, Anda akan memperoleh manfaat ganda: Anda dapat mengetahui isi hati pasangan, sekaligus memberi masukan yang menyejukkan serta enak diterima pasangan. Tak ada yang bakal tersinggung selama Anda mampu mendengarkan dengan baik. Ingat, Anda berdualah yang akan menikmati suasana ini, bukan orang lain!
3.Cobalah sedikit santai
Suasana santai sering dilupakan orang, apalagi di zaman yang serba cepat seperti sekarang. Padahal, dari suasana santai ini dapat lahir ide-ide yang hebat, termasuk ide-ide untuk lebih menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan menyenangkan. Dengan suasana santai, Anda juga dapat menciptakan keceriaan bersama suami. Beban kerja atau beban hidup lainnya dapat Anda lupakan sejenak, dan nikmatilah saat-saat santai bersama pasangan. Hati dan pikiran yang rileks akan membuat hubungan dengan suami semakin hangat dan mesra. Anda berdua pun akan terinspirasi untuk selalu menjalani hidup dengan penuh optimis dan percaya
diri. Oleh sebab itu, selalu ciptakanlah saat-saat santai yang tepat agar hubungan Anda tetap harmonis.
4.Tumbuhkan impian
Impian membuat Anda memiliki harapan. Bila Anda memiliki harapan, Anda pun mempunyai gairah untuk mewujudkannya. Hidup pun menjadi bersemangat. Jadi, usahakan untuk selalu mewarnai setiap hari dengan rencana-rencana matang untuk menggapai impian-impian Anda. Tentu saja, tak cuma Anda yang harus menghidupkan suasana seperti ini. Suami pun harus sama-sama berupaya. Tumbuhkan impian-impian yang realistis bersama suami, sehingga Anda berdua termotivasi untuk terus berusaha! Dengan saling berbagi cerita dan impian, hari-hari Anda akan terasa lebih menantang dan hubungan dengan suami pun akan lebih harmonis. Anda tidak akan pernah habis-habisnya bercerita tentang usaha-usaha dalam mewujudkan impian-impian tadi.
5. Tatap masa depan
Jangan mengungkit-ungkit masa lalu. Hidup hari ini bukan milik masa lalu. Lebih baik, arahkan hubungan untuk masa kini dan masa depan. Bukankah Anda berdua memiliki impian yang ingin diwujudkan bersama? Sama-sama bersikap dewasa akan sangat membantu menciptakan rumah tangga yang harmonis. Relakan masa lalu dan kubur dalam-dalam. Maknai hidup untuk berjalan ke depan, jangan biarkan berjalan mundur karena kemurungan-kemurungan Anda dengan "menggugat" situasi masa lalu. Bila Anda berdua sudah bisa menata diri untuk pengalaman-pengalaman baru, tentu tak sulit menciptakan keharmonisan. Suami pun tak akan bosan-bosannya berbagi beban dan cerita dengan Anda, karena Anda menghargainya sebagai pribadi yang sedang tumbuh untuk masa kini dan masa depan.
6. Jangan selalu curiga
Kecurigaan tidak akan pernah berbuah manis. Bayangkan jika pikiran Anda atau pasangan hanya dipenuhi oleh upaya untuk selalu mencari sisi-sisi negatif masing-masing. Bagaimana mungkin keharmonisan tercipta bila Anda berdua membiarkan kecurigaan itu tumbuh subur. Lebih baik, tumbuhkan sikap saling percaya agar hubungan berjalan dengan baik. Dengan demikian, Anda berdua akan mampu menciptakan suasana yang harmonis.
7. Suami adalah partner
Anda dan suami harus sama-sama sadar bahwa pasangan bukanlah bawahan. Pasangan adalah pribadi yang unik dan memiliki banyak potensi untuk berkembang. Oleh karena itu, perlakukan dia sejajar dengan Anda. Dia juga seperti Anda, ingin dihargai! Hindari ungkapan-ungkapan yang tidak perlu dan tidak enak didengar. Ciptakan suasana yang nyaman yang memungkinkan ide-ide segar muncul. Dengan ide-ide ini, Anda berdua akan selalu memiliki cara-cara baru dan lebih ampuh dalam memelihara hubungan. Siapa tahu, dengan saling mengisi dan menghargai, Anda bersama "partner" Anda akan mampu menciptakan keharmonisan. Ini karena Anda berdua menyadari bahwa pasangan adalah partner yang unik dan spesial.
8. Saling mengingatkan
Interaksi dengan orang lain, juga dengan suami, tidak menutup kemungkinan terjadinya salah paham atau perasaan tidak mengenakkan lainnya. Mungkin, Anda melakukan kesalahan yang mengganggu hubungan Anda berdua. Bisa pula sebaliknya, suami yang melukai hati dan pikiran Anda. Yang perlu diingat adalah jangan gampang tersulut emosi. Untuk mengatasinya, Anda dan suami hanya butuh saling mengingatkan dan memberi masukan yang baik. Tidak mungkin suami akan tersinggung ketika Anda memberi saran yang bermanfaat, asal Anda tahu caranya! Saling mengingatkan juga akan menjaga diri Anda berdua untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan tidak perlu. Apalagi jika Anda saling mengingatkan dalam nada-nada canda dan dengan tutur kata yang ringan, enak didengar. Tidak perlu dengan muka serius. Tuturkan dengan bahasa yang ringan dan efektif, niscaya akan lebih mengena di hati suami.
9. Percaya diri itu penting
Rasa percaya diri akan membuahkan banyak hal positif. Salah satunya adalah membuat hubungan Anda berdua tetap harmonis. Oleh sebab itu, tumbuhkan rasa percaya diri dalam membina rumah tangga. Hilangkan keraguan, kemurungan, kesedihan yang tidak perlu, serta ketakutan akan kegagalan hubungan Anda. Berpikirlah positif bahwa hubungan Anda menghasilkan kebaikan bersama. Dengan demikian, Anda dan pasangan akan mampu menciptakan keharmonisan. Cobalah untuk terus menggali kemampuan-kemampuan agar Anda berdua bisa terus menjaga rasa percaya diri, terutama dalam menyiasati masa-masa sulit dalam kehidupan rumah tangga.



Bagikan ke Teman :

0 comments:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Ada kesalahan di dalam gadget ini